Fill, Stroke dan Gradient

blogger templates
Masih dalam tahap tutorial dasar, kali ini saya akan membahas cara memberikan fill, stroke dan gradient pada obyek di inkscape.

Hal pertama yang harus di perhatikan untuk memberikan fill, gradient dan stroke ke objyek yaitu menggunakan dialog box fill and stroke. Untuk memunculkan dialog box tersebut yaitu dengan menekan tombol  Ctrl+Shift+F.



Fill

Aktifkan dialog fill, untuk memberikan warna polos pada obyek klik icon flat color kemudian tentukan warna sesuai keinginan, biasanya menggunakan metode CMYK ya sesuai selera.
Untuk cara yang lebih efektif lagi kita bisa langsung memberikan warna dengan mengklik warna yang ada pada color palette yang berada di bagian bawah inkscape.




Jika ingin memberikan gradasi warna pada obyek maka klik icon linear gradient atau radial gradient.
Kemudian klik gradients tool(Ctrl+F1) pada tool bar, kemudian akan muncul garis dengan dua titik, dan pilih warna sesuai keinginnan di kedua titik tersebut.





Stroke

Aktifkan dialof stroke,  untuk memberikan garis tepi pada obyek dan mementukan warna garis tepi tersebut. Klik icon flat color dan tentukan warnanya,
Adapan cara cara yang lebih cepat lagi memberikan warna pada garis tepi di obyek yaitu dengan mengklik kanan pada warna yang di pilih di color palette, kemudian pilih set stroke.




Jika anda ingin memberikan warna gradasi pada garis tepi di obyek maka klik icon linear gradient atau radial gradient pada dialog stroke tadi.



Stroke style

Pada stroke styel anda bisa menentukan ketebalan  stroke dan jenis stroke

0 Response to "Fill, Stroke dan Gradient"

Posting Komentar